Uncategorized

Gameplay Freedom Fall Terkini dengan Casual Game yang Bisa Bercerita

Sekitar dua minggu yang lalu aku sempet ngobrol-ngobrol dengan salah seorang developer lokal, akun twitternya @legacy99. Biasalah kita sharing2 cerita seputar pengalaman ngembangin dan mainin games untuk tukeran knowledge. Saya nanya waktu itu, kira-kira, mungkin gak yah game yang genrenya casual tapi bisa punya story yang dalam. Jika emang bisa, apa contoh game yang berhasil nyeritain story dengan mekanik yang sederhana. Saya diberikan acuan ke sebuah game berjudul Freedom Fall. Walhasil, demikian itu sampe rumah, aku seketika beli game-nya untuk ipad dengan harga Rp. 29.000.

Gameplay Freedom Fall benar-benar mudah untuk dinavigasikan. Kita hanya perlu lompat ke bawah sembari menghindari rintangan yang ada di situ. Kita diberikan kontrol untuk menggerakan karakter ke kanan dan kiri, juga untuk melompat. Sistem navigasinya bisa pakai dua metode, yang pertama touch sisi kiri-kanan komponen atas atau bawah layar yang mana kiri kanan untuk menggerakan karakter dan jika kita menekan agak ke komponen atas layar dia akan lompat lebih tinggi. Kemudian alternatif kedua yakni mengaplikasikan D-Pad, kontroler kayak di PS tapi virtual. Untungnya game ini gak pake accelerometer karena aku benci navigasi macam itu :p Kemudian game ini juga memberikan mekanik fisika yang tidak hanya gravitasi, tapi juga ada tiupan angin, tiupan uap api, sampai arus air untuk memperkaya experience dalam bermain.

Secara level development sih game ini oke, mengizinkan kita terbiasa dengan satu kontrol secara khusus dulu sebelum memberikan kontrol lain. Lalu juga mengajari kita untuk mengaplikasikan equip yang paling sederhana dulu sebelum kita bisa beli equip yang lebih advance. Equpnya ada parasut untuk memperlambat laju terjun kita, ada sayap untuk membuat kita slot sever thailand bisa double jump, dan ada satu lagi yang belum aku beli :p Kita juga diberikan aksi untuk melempar bom untuk membuka jalanan atau menghancurkan rintangan. Semua itu diberikan secara bertahap sehingga aku tidak kepusingan dikala pertama main jika semestinya disodori banyak aksi.

Nah, poin yang menurut aku paling menarik yakni story tellingnya. Freedom fall memberikan ceritanya dengan metode menyematkan potongan-potongan tulisan di background layar. Sepenggal kalimat demi kalimat dituliskan di sana sehingga aku bisa mengenal bahwa penjara itu buatan princessnya, dia sempat dipenjara di situ oleh ibunya sebagai hukuman, tapi karena dia bosen, jadilah dia bikin trap di dalam penjara tersebut. Lalu ada juga kisah kekerabatan antara si putri dan naga, dan seterusnya. Konsep ini padu dengan ambience kastil dan penjara yang diterapkan. Jadinya tulisan yang nongol di background itu bukan semerta2 developer pengen story telling, tapi juga yakni komponen dari cerita dan game itu sendiri. Jika mau penyesuaian diri metode ini ke game kita, sepertinya semestinya dipastikan unsur padu antara story yang disematkan dengan metode gamenya. Saya yakni trick story telling yang berhasil diimplemen dengan benar-benar oke di game freedom fall ini.

Overall, aku mengukur game ini sesuai dengan harganya. Saya tidak expect berlebihan dari game ini dan itu lah yang aku dapatkan dikala memainkan game ini, sebuah gameplay yang apik, art yang rapih, dan juga musik yang nyaman di telinga. plus dari game ini yakni kecakapan story tellingnya yang unik dan tepat sasaran

Anda mungkin juga suka...