The Sims 4
Review

Review The Sims 4: Dunia Baru, Fun Baru!

Mengendalikan hidup orang lain tetap memikat perhatian seseorang, baik dalam skala besar, layaknya pemerintahan maupun pada skala kecil, bila rumah tangga. Begitu pula dalam dunia game. Ada sebab psikologis yang sadar untuk alasan gamer puas memainkan game bergenre RPG, slot server thailand no 1, dan game petualangan open world. Mereka puas terlibat dalam menyebabkan dunia lain dari yang mereka jalani. Seringkali dalam tingkat emosional tinggi.

The Sims 4 sadar betul sisi psikologis manusia selanjutnya dan menawarkan peluang untuk hidup sebagai “Sims” di dunia baru. Sims tidak memiliki hidup serumit manusia asli, namun seluruh itu cukup untuk mengikat pemainnya dalam saat luar biasa lama layaknya yang udah dibuktikan dalam seri game sebelumnya. Itu sebabnya franchise The Sims merupakan product dengan penjualan luar biasa besar di dunia.

Seri baru mestinya memiliki kualitas lebih baik, setidaknya perihal itu seringkali benar pada product peralatan rumah dan kantor. Namun, tidak demikianlah dengan game. Seringkali bertambahnya usia (nomor seri) bermakna cerita dan latar belakang baru, engine game baru, dan kebijaksanaan publisher game baru. Apalagi Electronic Arts sebagai publisher The Sims 4 memiliki kebijakan marketing baru yang cukup merugikan dari sisi konsumennya.

Kasus yang paling kentara dan udah berjalan adalah Simcity beberapa saat lalu. Semua perihal yang menjadikan franchise game simulasi membangun kota ini begitu fantastik dikerdilkan oleh Electronic Arts. Akibatnya, kegagalan product selanjutnya jadi salah satu penyebab mundurnya CEO publisher raksasa tersebut. Semua cuma sebab game selanjutnya dambakan memeras lebih banyak duit dari kantong gamer lewat konten download berbayar; membeli konten agar gamer kelanjutannya melengkapi game yang belum komplit.

Apakah seluruh itu bakal berjalan pada The Sims 4? Seri game ini sebelumnya sesungguhnya udah terkenal dengan begitu banyak konten tambahan berbayar; namun untuk menambahkan furnitur atau feature baru, bukan “meng-update” game agar jadi layak. Ditambah kembali game ini memiliki harga yang cukup tinggi, kira-kira $60.

Sims Baru di Rumah Baru

Plot utama dari franchise The Sims 4 adalah kebebasan untuk menekuni kehidupan baru Anda di dalam tubuh para Sims. Oleh sebab itu, game ini menjadi tidak dibutuhkan cerita yang wajib Anda jalani di dalam kehidupan Sims. Malahan, dari awal udah diberi kebebasan untuk menekuni apapun jalan hidup yang ideal untuk Anda.

Perjalanan pertama Anda dalam menekuni kehidupan dimulai dari menyebabkan Sims baru. Perangkat pembuatan Sims baru pada The Sims 4 jadi jauh lebih mudah dan mengasyikkan dibanding seri sebelumnya. Begitu pula dengan pembuatan anggota lain dari game yang jadi penarik utama kaum wanita, yakni membangun rumah dan menentukan perabotan.

Perjalanan hidup Anda berlanjut dengan feature baru yang menyebabkan The Sims 4 jauh lebih mengasyikkan dan mudah dikendalikan bila dibandingkan seri terdahulu. Sims termasuk jadi lebih hidup berkat sistem baru yang memberi mereka keadaan hati dan seluruh itu pengaruhi aktivitasnya.

Lahirnya Sims Baru

The Sims 4 udah mampu mengambil alih begitu banyak saat apalagi sebelum saat Anda memasuki permainan sebenarnya. Pembuatan Sims baru menawarkan banyak aspek yang mampu diatur, menjadi dari penampilan luar sampai kepribadiannya. Jadi, jangan kaget bila Anda mampu menghabiskan saat sampai beberapa jam di tahap ini.

Banyaknya saat yang dihabiskan pada tahap ini sesungguhnya lumrah terjadi. Alasannya adalah begitu banyaknya anggota yang mampu diubah menjadi dari penampilan luarnya saja. Semua anggota mampu Anda atur sendiri, menjadi dari bentuk muka, ras, ukuran tubuh, apalagi langkah berjalan.

Mengubah seluruh ukuran di tubuh Sims semudah menggeser mouse. Sekarang Anda tidak bakal direpotkan dengan slider dan angka untuk menyebabkan Sims ideal. Cukup klik dan drag mouse. Cara ini pula yang menyebabkan Sims buatan Anda tetap memiliki sedikit perbedaan meskipun Anda dambakan membuatnya mirip sekalipun. Kecuali Anda memiliki kendali mouse yang luar biasa tinggi ketelitiannya.

Beralih ke pakaian yang digunakan Sims setiap harinya. Anda mampu sesuaikan pakaian casual, bekerja, tidur, sampai pakaian pesta. Bila Anda bosan, seluruh itu mampu dengan mudah diganti nantinya. Atau Anda dambakan gabungan yang ajaib? Gunakan saja opsi acak. Dijamin Anda bakal kaget dengan pilihan acak tersebut.

Setelah penampilan luar selesai, kini saatnya menentukan kepribadian Sims. Aspirasi Sims menentukan target dalam menghadapi hidupnya. Apakah dia atletis misalnya, atau kreatif dalam seni, mungkin termasuk puas berpikir logis dalam pengetahuan pengetahuan. Setiap aspirasi terbagi kembali dalam target hidup yang lebih rinci, bila pemikir dipecah jadi pakar komputer, kutu buku, dan penemu.

Semua aspirasi tidak cuman memberi target hidup termasuk memberi bonus tertentu untuk kesibukan yang sesuai. Contohnya untuk artis musik jadi lebih cepat mempelajari alat musik dan mampu menulis musik yang bernilai tinggi. Begitu termasuk dengan pakar komputer yang mampu menekuni karir di bidang game dan hacker.

Anda termasuk mampu menentukan sifat Sims yang nantinya bakal tercermin dalam kehidupannya. Apakah Sims yang Anda kendalikan kreatif, puas bersosialisasi, rajin, pemalas, apalagi mungkin jahat. Semua itu nantinya bakal pengaruhi mood Sims. Bila ia laksanakan yang cocok sifatnya, maka moodnya bakal positif dan seluruh aktivitasnya berjalan baik.

Menjalani Kehidupan Sims

Kehidupan Sims menjadi berjalan setelah Anda menentukan rumah yang bakal ditempatinya. Daerah yang mampu Anda menentukan terbagi jadi dua dan masing-masing terbagi jadi beberapa blok. Memilih daerah tinggal tidak tetap wajib rumah yang udah jadi. Anda termasuk mampu menentukan tanah kosong dan membangun sendiri rumah idaman.

Namun, awal kehidupan Anda dibekali dengan duit terbatas. Jadi, besar rumah yang mampu Anda bangun tentu saja tidak semegah yang diimpikan. Setidaknya Anda mampu menghemat cukup banyak bila ukurannya minimalis dan menentukan perabotan murah. Setidaknya sampai lebih banyak duit terkumpul.

Perangkat membangun rumah idaman mengalami peningkatan dalam perihal kemudahannya. Beberapa alat membangun baru menjadikan menyebabkan rumah bersifat inovatif jauh lebih mudah. Selain itu Anda termasuk mampu menentukan paket ruangan yang udah disediakan game, lengkap dengan perabotannya.

Kualitas perabotan yang Anda menentukan berdampak segera pada Sims yang menggunakannya. Kulkas yang lebih baik mampu menambahkan bahan makanan terbaik. Begitu termasuk dengan kenyamanan yang diberikan kasur atau kursi terbaik. Sama dengan dunia asli, makin mahal makin baik. Hal itu termasuk bakal pengaruhi mood Sims.

Kehidupan Sims tidak cuma terkait pada perabotan saja. Ia termasuk wajib menambah kemampuannya atau skill dalam segala perihal yang dilakukannya. Misalnya, Anda mampu memasak untuk menambah skill yang berhubungan. Ada cukup banyak skill yang mampu Anda pelajari. Semakin tinggi levelnya, makin baik hasilnya.

Memenuhi keperluan tubuh, layaknya lapar, kebersihan, sosial, dan rekreasi jadi jauh lebih ramah daripada seri sebelumnya. Jadi, Anda mampu lebih berkonsentrasi untuk laksanakan kesibukan lain yang menyenangkan. Terutama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh moodlet Sims.

Sistem moodlet Sims menambahkan semacam quest untuk Anda kerjakan. Biasanya seluruh itu terkait dengan aspirasi dan sifat yang Anda menentukan disaat menyebabkan Sims. Bila Anda menentukan musisi maka Anda mendapat tugas untuk menambah kapabilitas musik. Berhasil menjalankannya dan Anda bakal mendapat poin kepuasan dan juga menambah mood jadi positif.

Poin kepuasan nantinya mampu Anda tukarkan dengan hadiah menarik. Semua hadiah selanjutnya benar-benar berfungsi dalam game. Misalnya Anda jadi tidak wajib tidur lagi, mempelajari skill dengan cepat, membaca lebih cepat, dan tidak wajib ke toilet lagi. Itu sebabnya benar-benar mutlak untuk menyelesaikan quest yang diberikan oleh moodlet.

Sims termasuk diberikan kemudahan baru untuk berkomunikasi. Kini mereka mampu laksanakan kesibukan dan berbicara pada saat yang sama. Misalnya mereka mampu main catur sambil berbicara dengan dua Sims. Atau berbicara dalam kelompok memuat lima Sims. Jadi, kini menjalin jalinan dengan banyak Sims jadi lebih cepat.

Kesimpulan

The Sims 4 merupakan simulasi kehidupan yang benar-benar mengasyikkan untuk dimainkan. Beberapa feature baru berhasil menyempurnakan dan mempermudah prosedur yang sebelumnya mengambil alih saat bermain. Kini Anda mampu lebih banyak menginvestasikan saat untuk menambah skill dan mengejar target hidup Sims.

Namun, The Sims 4 termasuk memiliki kekurangan. Sekarang daerah bermain jadi lebih terbatas dibandingkan seri sebelumnya. Daerah yang mampu Anda jelajahi terbatas pada blok di kota. Bila dambakan rubah ke blok lain, maka Anda wajib memanggil taksi dan memasuki loading screen. Konsep Open World yang pernah dibawa oleh The Sims 3 dihilangkan dan kembali ke dunia yang terkotak.

Beberapa konten yang biasanya ditemukan di seri The Sims sebelumnya termasuk menghilang, layaknya kapabilitas untuk menyebabkan kolam renang dan memiliki kendaraan. Tampaknya konten selanjutnya bakal disertakan dalam konten download berbayar, mirip kasusnya layaknya SimCity. Namun, memandang tendensi pemain The Sims selanjutnya yang tidak pikirkan dengan berapapun duit yang wajib mereka keluarkan demi Sims yang paling disayangi mereka, tampaknya Electronic Arts udah mendapatkan sapi perah baru untuk isikan pundi duit mereka.

Kelebihan

  • Lebih banyak kebebasan menyebabkan Sims baru
  • Kegiatan Sims lebih banyak
  • Interaksi sosial dengan banyak Sims lebih mudah
  • Kebutuhan khusus Sims lebih ringan
  • Sistem mood memberi tantangan menarik
  • Sims mampu multi tasking

Kekurangan

  • Beberapa elemen basic permainan dikurangi
  • Tidak Open World

Anda mungkin juga suka...